Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gempa Bumi Adalah

Apa Itu Gempa Bumi ?

Gempa Bumi berasal dari dua kata berbeda, yaitu: gempa yang artinya getaran atau guncangan. Dan kata yang kedua adalah Bumi yang dapat diartikan sebagai planet Bumi atau tempat tinggal kita. Apabila digabungkan maka dua kata ini menjadi, sebuah getaran yang terjadi di muka Bumi dengan adanya sebab tertentu.

Gempa bumi adalah guncangan atau getaran di permukaan bumi akibat pergeseran lapisan batuan di dasar permukaan bumi. Gempa bumi dapat diukur dengan seismometer. Fenomena alam ini sering terjadi di Indonesia karena letak negara Indonesia yang berada pada lempeng benua. Gempa bumi dapat terjadi kapan saja dan tidak mengenal musim. Peristiwa ini dapat mengakibatkan kerusakan rumah penduduk yang parah dan juga bisa berpotensi tsunami jika pusat gempa berada di bawah laut.

Gempa bumi memang berbahaya dan berdampak negatif bagi kita. Namun, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan diri pada saat terjadi gempa. Jika Anda berada di dalam ruangan, carilah tempat yang aman dari reruntuhan atap. Jika Anda berada di luar ruangan, pilihlah tempat terbuka. Menjauhlah dari pohon, tiang listrik, bangunan, dan apapun itu yang berpotensi untuk roboh. Jika Anda berada di dalam lift, pencetlah segala macam tombol atau lantai terdekat dari posisi Anda dan segera keluar ketika lift berhenti lalu cari jalan keluar.

Penyebab Utama Terjadinya Gempa Bumi
  • Gerak Lempeng Bumi yang saling mendekat
Faktor yang dapat menyebabkan terjadinya gempa bumi adalah pergerakan lempeng bumi yang saling mendekat. Karena saat pergerakan lempeng yang saling mendekat akan membentuk gunung baru. Yang terus bertumpuk yang juga memicu terjadinya terjadinya gempa bumi.
  • Pergeseran Lempengan Bumi

Sebab utama yang dapat memicu terjadinya gempa bumi adalah adanya pelepasan energi, disebabkan pergeseran Lempeng Bumi. Semakin lama energi itu akan membesar dan akan mencapai keadaan maximun. Apabila pinggiran lempeng tidak bisa menahan energi tesebut maka akan mengakibatkan terjadinya gempa bumi.
  • Gerak Lempeng Bumi yang saling menjauh

Disamping pergeseran lempeng bumi, gerak lempeng yang saling menjauh juga dapat memicu terjadinya gempa bumi. Karena apabila dua lempeng tersebut saling menjauh maka akan membentuk lempeng baru diantara kedua lempeng tersebut.
Lempeng yang baru akan ditekan oleh kedua lempeng lama, yang akan mengakibatkan lempeng baru bergerak ke bawah. Dari hal inilah akan menghasilkan suatu energi dengan kekuatan yang sangat luar biasa. Dan energi inilah menjadi sebab utama terjadinya getaran atau guncangan di permukaan bumi.
  • Pergeseran Magma
Salah satu pemicu terjadinya Gempa Bumi lainnya adalah adanya pergeseran magma di dalam gunung berapi. Gempa ini diakibatkan adanya tekanan gas yang sangat besar pada bagian sumbatan kawah. Dan gempa bumi ini merupakan gejala awal akan terjadinya bencana gunung meletus.

Gempa Bumi Berdasarkan Kedalaman.nya
  • Gempa Bumi Dalam
Gempa bumi dalam adalah gempa bumi yang hiposentrumnya berada lebih dari 300 km di bawah permukaan bumi (di dalam kerak bumi). Gempa bumi dalam pada umumnya tidak terlalu berbahaya.
  • Gempa Bumi Menengah
Gempa bumi menengah adalah gempa bumi yang hiposentrumnya berada antara 60 km sampai 300 km di bawah permukaan bumi.gempa bumi menengah pada umumnya menimbulkan kerusakan ringan dan getarannya lebih terasa.
  • Gempa Bumi Dangkal
Gempa bumi dangkal adalah gempa bumi yang hiposentrumnya berada kurang dari 60 km dari permukaan bumi. Gempa bumi ini biasanya menimbulkan kerusakan yang besar.


Post a Comment for "Gempa Bumi Adalah "