Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Jenis Jenis Gerhana Matahari


Pengertian dan Jenis Jenis Gerhana Matahari-Gerhana matahari adalah gerhana yang terjadi saat posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari. Posisi ini membuat sebagain atau seluruh cahaya matahari yang harusnya terpancar ke bumi terhalang oleh bulan. Akibatnya, daerah yang seharusnya terkena cahaya matahari jadi gelap gulita. Di langit akan nampak matahari seperti tertutup sebuah benda, menjadi hitam. Meski bulan lebih kecil dari matahari namun bayangan bulan akan membesar dan menutup sebagian muka bumi yang sehadap dengan bulan dan matahari.

Gerhana matahari terbagi menjadi 4 jenis berdasarkan posisi bayangan yang dihasilkan oleh posisi bulan. Pertama adalah gerhana matahari total, lalu gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin dan yang terakhir gerhana matahari hibrida.

1.Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari total terjadi saat matahari benar tertutup dengan sempurna oleh bayangan dari bulan. Di langit hanya ada matahari yang menjadi bulatan hitam tanpa ada celah cahaya sedikit pun. Bayangan umbra melewati tepat tengah matahari, dan memblokir semua cahaya yang seharusnya mengenai bumi. Saat terjadi gerhana matahari total, kita dapat melihat matahari di luar atmosfer yang biasa disebut dengan corona.

2.Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana matahari sebagian terjadi saat bayangan dari bulan tidak benar-benar membuat permukaan bumi jadi gelap sempurna. Hal ini terjadi karena piringan bulan tidak menutup secara sempurna piringan matahari yang nampak dari bumi. Saat ini terjadi, bayangan penumbra yang mengenai bumi. Bukan bayangan utama seperti saat terjadi gerhana matahari.

3.Gerhana Matahari Cincin

Gerhana Matahari cincin terjadi karena ukuran bulan yang nampak dari bumi lebih kecil dari ukuran matahari. Hal ini mengakibatkan tidak semua cahaya dihalangi oleh permukaan bulan. Bayangan yang menimpa bumi hanya sebagian saja, dan di langit akan terlihat lingkaran seperti cincin cahaya dari permukaan matahari yang masih nampak dari bumi.

4.Gerhana Matahari Hibrida

Gerhana ini relatif jarang terjadi sepanjang sejarah manusia mengobservasi gerhana. Gerhana matahari hibrida adalah gerhana yang bergeser dari gerhana matahari total ke gerhana matahari cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi akan terlihat gerhana matahari total dan pada titik yang lain akan terlihat gerhana matahari cincin.

Post a Comment for "Pengertian dan Jenis Jenis Gerhana Matahari"